Jumat, 16 Maret 2012

Putri Pinang Masak

     Dahulu kala, di Pulau Sumatera ada seorang gadis cantik bernama Putri Pinang Masak. Putri ini sangat terkenal akan kecentikannya. Kulitnya putih kemerah- merahan seperti namanya, yaitu bagai kulit pinang yang masak. Siapa yang memandangnya, pasti akan terpesona. Akan tetapi, bukan hanya karena kecentikan lahiriah diri gadis itu yang membuatnya terkenal, melainkan juga karena sifatnya yang lemah lembut dan baik hati sehingga membuat siapa saja akan selalu menyukainya.
     Para wanita dan sesama gadis ingin bersahabat dengannya, sedangkan para pemuda dan pangeran berebutan ingin menjadikannya istri. Namun, sejauh itu dia belum bermaksud berumah tangga.
     Pada suatu hari, datanglah lamaran dari raja yang terkenal kaya dan sangat besar kekuasaannya. Namun, sifat raja itu berbeda dengan sifat Putri Pinang Masak. Raja itu berkata,"Jika lamaranku kamu tolak, saya akan murka dan menimbulkan bencana peperangan di negeri ini". Padahal Putri Pinang Masak terpaksa menerima lamaran sang raja demi keselamatan  rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar