Senin, 26 Maret 2012

Semut dan Belalang

     Pada suatu hari, ada koloni semut yang sedang bekerja memcari makanan. Saat mereka sedang giat mencari makan, ada seekor belalang yang terlihat kelelahan datang kepada semut. Belalang itu berkata :"Wahai semut yang baik hati, bisakah engkau menolongku?"."Apakah yang bisa aku bantu?" tanya semut. "Jika boleh, apakah aku diizinkan tinggal sedikit lama disini?" jawab belalang. Semut berkata "Bloleh- boleh saja teman, ayo kutunjukkan tempat tinggal untukmu".
    Belalang sudah beberapa bulan tinggal ditempat semut dengan hanya makan, tidur dan memerinta. Lalu suatu hari semut berkata dengan sopan kepada belalang, "Teman! Apakah engkau sudah mememukan tempat tinggal untukmu?" lalu belalang berkata "Belum, mungkin beberapa hari lagi aku akan mencari" jawab belalang. Setelah beberapa hari kemudian, semut berkata lagi "Wahai belalang, apakah engkau sudah menemukan rumah untuk dirimu?" lalu belalang menjawab "Belum, nanti aku akan mencarinya!". Setelah beberapa minggu kemudian, semut berkata dengan agak marah, "Belalang! Kenapa setiap hari engkau hanya makan, minum, tidur dan memerintah saja! Saat itu kau bilang akan mencari tempat tinggal! Bukan kami tidak mau menerimamu tapi kami sudah lelah karena kelakuanmu! Jika kau sudah menemukan rumah, cepat pergi!". Lalu belalang menjawab, "Baiklah!". Lalu belalang pergi dengan hati yang gusar. Ia terus berkeliling dan mencari rumah yang cocok untuknya. Karena ia sudah terlalu lama tidak makan dan minum akhirnya ia mati. Tetapi ada seekor semut yang menemukannya sebelum ia mati dan belalang berkata "Tolong bawa aku kepada ketuamu" lalu semut itu membawanya kepada tuan mereka ternyata tuan itu adalah semut yang ia kenal dan belalang berkta kepada semut tersebut "Maafkan aku atas perbuatan yang telah kulakukan padamu! Tapi bolehkan belum mati aku meminta bantuanmu?" setelah melihat keadaan belalang, semut berkata "Apa itu?" dan belalang bicara "Aku minta dikuburkan dengan baik". Lalu semut memakamkannya sesuai dengan permintaan belalang, ia selau merewat dan membersihkan makan belalang yang telah berbuat jahat kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar